Selasa, 10 September 2013

CARA MENJADI SEKRETARIS PROFESIONAL

Seorang Wanita Cantik dengan penampilan yang rapi dan selalu berada di kantor dengan membawa map untuk pimpinannya. Itu memang benar karena sekretaris merupakan seseorang yang membantu pekerjaan bos atau pemimpin. Selain itu, sekretaris juga terkadang diberi kepercayaan untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan karena dirinya berhubungan langsung dengan bos atau pemimpin. Tanpa adanya sekretaris, pimpinan perusahaan akan sulit fokus pada pekerjaan-pekerjaan besar sebagai seorang pemimpin sehingga harus ada sekretaris yang bisa mengurus berbagai keperluan-keperluan “kecil” sang pemimpin.untuk itu di perlukan sekretaris professional. Sekretaris profesional itu gak harus wanita cantik yang berpenampilan menarik aja loh…
seorang pria pun juga bisa menjadi sekretaris professional.

Ada beberapa tips untuk menjadi sekretaris profesional berikut tips yang bisa diberikan:

1. Memiliki Kepribadian Yang Baik,
sekretaris seorang sekretaris bukan hanya harus berpenampilan menarik, tapi juga harus memiliki kepribadian yang baik. Seorang sekretaris profesional harus ramah, baik, dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya sma bos aja,, tapi sekretaris juga harus menunjukkan kepribadian yang baik kepada relasi atau kawan sekantor.

2. Memiliki Etika Yang Baik
seorang sekretaris juga harus memiliki etika yang baik. Etika yang baik itu, seperti baik dalam hal berbicara, makan, duduk, dan lain sebagainya. Hal itu harus dimiliki sekretaris karena berkaitan dengan citra perusahaan.

3. Pandai Bicara Di Depan Public
Terkadang, sekretaris diminta untuk menemani pemimpin untuk melakukan presentasi menggantikan dirinya. Nah karna itu, seorang sekretaris harus bisa belajar bicara yang baik di depan publik apa lagi pada saat meeting.

4. Pandai Menjaga Rahasia
Seorang sekretaris juga diberi kepercayaan oleh pemimpin untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan. Hal tersebut dikarenakan sekretaris selalu berhubungan dan mengetahui apapun yang dikerjakan oleh sang pemimpin. Maka sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pemimpin atau bisa juga dibilang tidak ember.

5. Mengerti Teknologi Dengan Kata Lain Tidak Gaptek
Seorang sekretaris gk cuma harus pinter berdandan, tapi harus juga ngerti teknologi. Harus mempunyai wawasan luas di bidang nya, selalu up date dalam segala hal seperti kemajuan teknologi dengan begitu tentunya akan memudahkan seorang sekretaris untuk mendapatkan informasi, menerima atau mengirim email, dan lain sebagainya..

6. Mengerti Accounting Dan Pembukuan
Sekretaris juga harus mengerti accounting dan pembukuan. Hal tersebut harus dikuasai agar bisa melakukan pembukuan kantor.


7. Harus Bisa Bahasa Asing
Menguasai bahasa asing menjadi nilai tambah untuk seorang sekretaris. Kadang, seorang sekretaris di minta untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri. Gk kebayangkan kalo seorang sekretaris gk bias berbahasa asing, pasti citra perusahaan jadi jelek di mata relasi.

8.Membuat Citra Baik Untuk Perusahaan
Citra perusahaan merupakan hal yang harus dijunjung tinggi. Karena sekretaris merupakan tangan kanan sang pemimpin perusahaan, dirinya harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Buatlah citra perusahaan baik di hadapan perusahaan yang lain atau publik

Nah itulah beberapa cara dan ciri untuk menjadi seorang sekretaris yang profesional. Oya buat tambahan seorang sekretaris professional jangan suka bergosip ya. Hal tersebut dikarenakan akan sangat berbahaya bagi kariernya karena sekretaris mengetahui rahasia perusahaan dan rahasia pemimpin. Gimana ada yang minat gk jadi sekretaris ? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar